Atacama, Gurun Terkering di Dunia

Gurun Atacama adalah dataran tinggi di Amerika Selatan, meliputi sebidang tanah seluas 600 mil (1,000 km) di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Gurun Atacama, menurut NASA, National Geographic dan publikasi lainnya, adalah gurun terkering di dunia.

 

Tempat Terkering

Gurun Atacama dikenal sebagai tempat terkering di dunia, terutama disekitar kota Yungay yang telah ditinggalkan (di Antofagasta Region, Chile). Curah hujan rata-rata di wilayah Chili Antofagasta hanya 1 milimeter (0,04 in) per tahun. Beberapa stasiun cuaca di Atacama tidak pernah menerima hujan. Bukti menunjukkan bahwa Atacama mungkin tidak pernah mendapatkan hujan yang berarti sejak tahun 1570-1971.


Begitu keringnya kondisi disana sehingga pegunungan yang mencapai ketinggian 6,885 meter tersebut benar-benar bebas dari gletser. Studi oleh sekelompok ilmuwan Inggris telah menemukan bahwa beberapa jalur sungai ditempat tersebut telah kering sejak 120.000 tahun yang lalu. Namun, beberapa lokasi di Atacama menerima kabut laut yang dikenal secara lokal sebagai Camanchaca, menyediakan udara yang cukup lembab untuk hypolithic algae, lumut, dan bahkan beberapa kaktus.

Secara geografis, kegersangan tersebut dapat dijelaskan dengan alasan sebagai berikut:

  • gurun Atacama terletak di sisi leeward Chili Coast Range, sehingga sedikit uap air dari Samudra Pasifik dapat mencapai gurun.
  • Andes begitu tinggi sehingga menghalangi awan konvektif, yang mungkin membawa curah hujan yang terbentuk di atas Sungai Amazon memasuki gurun dari Timur.


SUDAMÉRICA 2010: Ahora es volver hacia Brasil.

 

Perbandingan dengan Planet Mars

Di wilayah sekitar 100 kilometer (60 mil) selatan Antofagasta yang rata-rata mencapai ketinggian 3.000 meter, permukaan tanahnya mirip dengan permukaan planet Mars. Berkat penampilannya yang mirip dunia lain ini, Atacama telah digunakan sebagai lokasi untuk syuting film yang berkaitan dengan adegan di planet Mars, terutama dalam serial televisi Space Odyssey: Voyage To The Planets.


 

 

Pada tahun 2003, sebuah tim peneliti menerbitkan sebuah laporan di jurnal Science berjudul “Tanah seperti di Mars ada di Gurun Atacama, Chili dan batas kering kehidupan mikrobial” di mana mereka menggandakan tes yang digunakan oleh pendaratan Viking 1 dan Viking 2 di Mars untuk mendeteksi kehidupan disana dan tidak mampu mendeteksi tanda-tanda tersebut di Gurun Atacama. Keunikan gurun ini sedang digunakan oleh NASA untuk menguji instrumen untuk misi-misi Mars mendatang.

Di Ataca, dekat pantai terpencil, Anda akan melihat sebuah tanah tak berpenghuni, di mana tidak ada burung, tidak ada binatang, atau pohon, atau tumbuhan apapun.
(La Araucana oleh Alonso de Ercilla, 1569)

Atacama jarang dihuni, sebagian besar kota-kota terletak di sepanjang pesisir pantai Pasifik. Di bagian dalam, beberapa oasis dan lembah telah dihuni selama berabad-abad, menjadi ibukota paling maju masyarakat pra-Columbus yang ditemukan di Chili. Oasis ini memiliki sedikit pertumbuhan penduduk dan pembangunan perkotaan, dan, sejak abad ke-20, menghadapi konflik sumber daya air yang diperlukan untuk kota-kota pesisir dan industri pertambangan.

Patung Tangan Raksasa

La mano del desierto (the hand of the desert) adalah salah satu objek menarik yang bisa ditemukan di Gurun Atacama. Patung ini menyerupai sepotong tangan raksasa yang terkubur didalam tanah. “Tangan Raksasa” ini adalah karya pematung Chili, Mario Irarrázabal, tinggi patung ini 36 kaki (10 meter) dari permukaan tanah dan dibuat dari besi dan semen.

Setelah mempelajari filosofi dan seni di University of Notre Dame, dan teologi di Università Gregoriana Pontificia di Roma, seniman Mario Irarrázabal berlatih membuat patung di bawah bimbingan pematung Jerman, Otto Waldemar. Ia pertama kali memamerkan karyanya di Chili pada tahun 1970, menggunakan manusia untuk mengungkapkan tema-tema seperti ketidakadilan, kesepian, kesedihan dan penyiksaan. Ukuran patung “Tangan dari gurun” nya dianggap menggambarkan kerentanan manusia dan ketidakberdayaan.

Sebelumnya, Irarrázabal’s juga pernah membuat patung serupa, seperti “Monumento al Ahogado”, tahun 1982, terdiri dari lima jari yang terbenam dipasir pantai di Punta del Este, kota resort yang terkenal di Uruguay. Patung-patung yang serupa juga dibuat oleh Irarrázabal di Madrid pada tahun 1987 dan Venesia pada tahun 1995.

About these ads

About Kak Abbas

Saya menyukai dunia pendidikan dan teknologi, dan saya juga menyukai anak-anak yang imut manis dan lucu ^_^

Posted on November 20, 2011, in Alam and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. I am glad to be one of many visitors on this great site (:, regards for putting up. virtual private server | unmetered vps |

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: