Yareta, Tanaman Berumur Ribuan Tahun

Ada sesuatu yang tampak hijau dan asing, yang tumbuh di Amerika Selatan. Pada pandangan pertama kamu mungkin akan berpikir bahwa itu adalah sisa-sisa peninggalan spesies makhluk luar angkasa, dengan menggunakan padang rumput benua terpencil untuk membangun pijakan mereka di planet Bumi. Namun bagaimana asingpun ini terlihat, “makhluk hijau” ini memiliki sejarah yang panjang di dunia ini. Ini adalah Yareta.

3,000 Year Old Yareta Plant

Image Credit Flickr User Szeke

Yareta at Ollague Volcano lookout

Uyuni  Invierno 2006 251

Yareta ( Azorella compacta , juga dikenal sebagai “Llaret” dalam bahasa Spanyol, atau Azorella Yareta) adalah tanaman berbunga kecil dalam keluarga Apiaceae yang merupakan tanaman asli Amerika Selatan , tumbuh di Puna Grasslands di Andes, Peru , Bolivia , utara Chili dan barat Argentina pada ketinggian antara 3200 sampai 4500 meter. Meskipun tampak “besar”, sebenarnya ia terdiri dari individu-individu kecil yang bergerombol.

Tanaman ini sering tumbuh di tanah yang berpasir dan kering. Ia dapat tumbuh dalam lingkungan yang memiliki nutrisi yang buruk, tidak peduli apakah tanah yang ditempatinya bersifat asam, netral atau basa (alkali). Yareta dapat beradaptasi dengan lingkungan yang panas, dan uniknya, ia tidak dapat tumbuh ditempat yang teduh (dibawah bayang-bayang). Tingkat pertumbuhan tanaman ini diperkirakan sekitar 1,5 sentimeter per tahun (Kleier dan Rundel 2004).

Image Credit Flickr User courneya

Image Credit Flickr User Claudius Probing

Image Credit Flickr User magnusvk

 

Menurut penduduk lokal, Yareta bisa digunakan sebagai obat-obatan untuk meredakan sakit rematik. Teh yang dibuat dari daunnya dikatakan mampu mengatur tekanan darah, mengobati diabetes dan juga obat untuk langsing. Sekali lagi fena tekankan bahwa itu adalah kepercayaan masyarakat setempat.

 

Yareta termasuk tumbuhan Evergreen (Hijau Abadi)

Tumbuhan hijau abadi (bahasa Inggris: evergreen plants) adalah tumbuhan yang tidak menggugurkan seluruh daunnya secara serentak pada suatu musim atau kondisi lingkungan tertentu. Walaupun kebanyakan adalah pepohonan, tumbuhan berperilaku semacam ini juga dapat berupa tanaman kecil (terna).

Hutan yang didominasi oleh tumbuhan semacam ini dinamakan hutan hijau abadi. Hutan hujan tropis adalah hutan dengan tipe ini, dengan pohon berlapis-lapis dan terna di dasar hutan yang berdaun lebar.

Bunga Yareta yang berwarna pink atau lavender (lembayung muda) bersifat hermaprodit, yaitu memiliki kelamin ganda, jantan dan betina, yang mana itu berarti meskipun perkembangannya biasanya melalui penyerbukan oleh serangga, namun Yareta tetap bisa berkembang biak sendiri (Self-Fertile).

Image Credit Flickr User jmarquez

 

Image Credit Flickr User Alejandro Soffia Vega

 

Satu hal yang menarik dari Yareta adalah, mereka telah berumur sangat tua. Banyak koloni Yareta diketahui telah berumur lebih dari 3000 tahun, fantastis!

About Kak Abbas

Saya menyukai dunia pendidikan dan teknologi, dan saya juga menyukai anak-anak yang imut manis dan lucu ^_^

Posted on November 21, 2011, in Flora and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: