Nazca Lines, Garis Raksasa yang Misterius

Ada sesuatu di Gurun Peru, kalau dari daratan sekilas tak nampak ada yang aneh, namun bila dilihat dari angkasa maka tersingkaplah pemandangan menakjubkan! Pola-pola raksasa tergambar jelas di gurun tersebut, ada apa sebenarnya? Fena ajak kamu berkelana menjelajahi Gurun Nazca, sebelah selatan Peru.

lines_scan01

The Dog

 

The Spider

 

Garis-garis Nazca (Nazca Lines) merupakan rangkaian geoglyphs yang terletak di Gurun Sechura, khususnya di Gurun Nazca, daerah yang panjangnya lebih dari 80 km antara kota Nazca dan Palpa di Peru. Geoglyphs ini diperkirakan dibuat oleh kebudayaan Nazca antara 200 SM dan 700 M. Terdapat ratusan gambar, dari yang sederhana sampai yang rumit, seperti gambar burung, laba-laba, monyet, ikan, ikan hiu, llama, dan kadal. salah satu tempat didunia yang sampai saat ini masih banyak diliputi misteri. Banyak pertanyaan-pertanyaan muncul mengenai asal usulnya.

The Monkey

Garis-garis Nazca sendiri baru mulai marak diperbincangkan pada era tahun 1920-an, bermula dari cerita penumpang pesawat terbang yang melintas daerah Nazca, mengaku seperti melihat garis-garis samar membentuk berbagai macam bentuk makhluk hidup dengan dimensi yang besar. Tahun 1920-an merupakan era baru dalam penerbangan komersial di wilayah Amerika.

Sejak kabar penemuan itu, para arkeolog dari seluruh belahan dunia berbondong-bondong datang ke daerah Nazca untuk melihat dan meneliti lebih lanjut mengenai garis-garis Nazca.

Garis-garis Nazca ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) UNESCO pada tahun 1994. Tersebar di dataran tinggi kering yang terbentang sepanjang lebih dari 80 kilometer antara kota Nazca dan Palpa di Pampas de Jumana, sekitar 400 km sebelah selatan Lima. Meskipun beberapa geoglyphs mirip motif Paracas lokal, para ahli percaya bahwa Nazca Lines dibuat oleh kebudayaan Nazca antara tahun 400 dan 650 Masehi [1. Helaine Silverman, David Browne (1991). “New evidence for the date of the Nazca lines”. Antiquity65 (247): 208–220].

The Condor

The Airport

The Airport

The Heron

The Pelican

The Hands

Garis-garis itu dibuat ditanah dengan cara menyingkirkan kerikil dan bebatuan sehingga yang tampak hanya tanah berwarna keputihan dibawahnya. Ratusan garis berupa bentuk geometris sederhana, sementara lebih dari tujuh puluh lainnya berupa simbol zoomorphic atau desain binatang seperti burung, ikan, llama, jaguar, monyet, dan ada juga manusia. Desain lainnya termasuk bentuk phytomorphic seperti pohon dan bunga. Desain terbesar ukurannya lebih dari 200 meter. Para ahli berbeda pendapat dalam menafsirkan tujuan dibuatnya desain-desain unik ini, tetapi pada umumnya mereka menganggap semua itu berhubungan dengan makna keagamaan mereka.

Desain geometrik bisa jadi menunjukkan aliran air atau dihubungkan dengan ritual untuk memanggil air. Laba-laba, burung, dan tanaman bisa jadi merupakan simbol kesuburan. Penjelasan lainnya menduga garis-garis ini adalah skema irigasi atau kalender astronomi raksasa. [2. Brown, Cynthia Stokes (2007). Big History]

Karena kondisi gurun disana yang kering, tak berangin, dan memiliki iklim dataran tinggi yang stabil dan terisolasi membuat sebagian besar garis-garis tersebut seperti “diawetkan” selama berabad-abad.

The Astronaut

The Astronaut

Figur diatas adalah salah satu corak garis Nazca yang “seperti” menggambarkan seorang Astronot yang sedang melambaikan tangan, karena itu corak garis ini diberi nama “The Astronaut”. Corak ini begitu menarik perhatian para ahli sehingga menimbulkan spekulasi tentang telah adanya astronot dijaman dahulu (Ancient Astronaut Theory).

Teori Astronot Kuno ini berkembang dengan ditemukannya beberapa artifak kuno yang diduga menjadi bukti adanya kegiatan ekspedisi astronot dimasa lampau. Salah satunya adalah artefak maya dibawah ini, yang menggambarkan Pacal II, atau Pacal yang Agung (K’inich Janaab’ Pakal, 26 Maret 603-31 Agustus 683), penguasa pemerintahan Maya di Palenque.

Pacal naik takhta pada usia 12 tahun pada tanggal 29 Juli 615 dan hidup hingga berusia 80 tahun. Nama “Pacal” berarti perisai dalam bahasa Maya. Pada era kekuasaannya, kekuatan Palenque di bagian barat negara-negara Maya meluas. Ia melakukan progam pembangunan di ibukotanya. Pada masa kekuasaannya, berbagai seni dan arsitektur terbaik dalam peradaban Maya dihasilkan.

Relief Sarkophagus "Pacal the great"

Menurut Erich von Daniken (1968), seorang penulis sejarah ternama, relief tersebut menggambarkan seorang laki-laki yang duduk dalam ruangan “kapal antariksa” nya, dihidungnya ada semacam masker (alat bantu pernafasan). Kedua tangannya mengendalikan tuas-tuas tertentu, sedangkan kakinya berpijak pada pedal-pedal yang berbeda. Ia duduk disebuah kursi yang didesain unik dan terpisah dari  bagian belakang kendarannya. Dibagian bawah “kendaraan” itu terlihat corak api dan asap mengepul dikanan-kirinya.

Deskripsi von Daniken ini tentunya membuat gempar dunia, banyak orang memperbincangkan temuannya, ada yang mendukung tapi tidak sedikit yang mengkritisinya. Sebagian peneliti yang mendalami kebudayaan Maya menganggap itu hanyalah ukiran khas suku Maya. Berikut fena tampilin penjelasan relief tersebut dari sudut pandang lain,

“Tutup sarkophagus batu besar berukir dalam kuil prasasti suku Maya adalah salah satu karya seni klasik suku Maya. Penafsiran yang bisa diterima dari tutup sarkofagus ini adalah bahwa Pacal turun ke Xibalba, Dunia Underworld (alam baka) suku Maya. Di sekitar tepi tutup adalah simbol-simbol yang mewakili matahari, bulan, Venus, dan berbagai Sistem tata surya, yang menunjukkan peristiwa ini terjadi dimalam hari. Di bawahnya adalah Dewa Air suku Maya yang menjadi penjaga dunia underworld. Di bawah Pacal terdapat taring naga atau ular yang “dibentangkan”, yang mana Pacal melarikan diri darinya, naik menuju pohon dunia (World Tree). Ini adalah representasi umum dari seni klasik yang menggambarkan pintu masuk ke dunia bawah.”

lho…lho….tunggu dulu! ^^….kenapa fena jadi ngelantur ngebahas ini? kita kan lagi bahas Nazca Lines ya? sory..sory, mari kita lanjutkan tentang Nazca Lines nya,… fokus fena….fokus… ^^;

Apa Tujuan dibuatnya garis-garis geometris ini?

Garis Nazca dilihat dari satelit SPOT

Arkeolog , etnolog , dan antropolog telah mempelajari kebudayaan Nazca kuno yang kompleks untuk mencoba menemukan tujuan dari dibuatnya garis dan simbol-simbol raksasa tersebut. Satu teori yang muncul adalah bahwa orang-orang Nazca menciptakan mereka untuk dilihat oleh dewa-dewa mereka di langit. Teori lain mengemukakan tujuan yang berhubungan dengan astronomi dan kosmologi yaitu bahwa garis dan simbol tersebut dimaksudkan untuk bertindak sebagai semacam observatorium, untuk menunjuk ke tempat-tempat jauh di cakrawala di mana matahari dan benda langit lainnya berada. Tapi belum ada bukti yang cukup untuk mendukung teori astronomi tersebut.

Pada tahun 1985, arkeolog Johan Reinhard mengeluarkan data arkeologi, etnografis , dan historis yang menunjukkan bahwa penyembahan gunung dan sumber air lainnya (menganggap gunung dan sumber air sebagai tempat sakral) didominasi dalam agama Nazca. Dia berteori bahwa garis-garis dan simbol tersebut adalah bagian dari praktik-praktik keagamaan yang melibatkan penyembahan dewa-dewa yang berhubungan dengan ketersediaan air, yang secara langsung berkaitan dengan keberhasilan dan produktivitas tanaman. Dia menafsirkan garis tersebut sebagai jalan suci menuju tempat di mana para dewa bisa disembah. Simbol binatang dan benda-benda tersebut dimaksudkan untuk memanggil bantuan para dewa dalam hal memasok air bagi lahan mereka. Tapi, makna yang tepat dan sebenarnya dari geoglyph ini hingga kini (2011) masih belum terpecahkan.

Bagaimana garis dan simbol ini dibuat?

bebatuan yang "disibakkan"

diatas fena sudah menyebutkan bahwa garis-garis ini dibuat dengan cara “menggali” atau “menyibakkan” kerikil dan bebatuan hingga tanah putih dibawahnya terlihat. Proses ini mungkin memakan waktu yang lama dan perlu ketelitian dan keahlian dari orang-orang terpelajar mengingat garis yang tercipta begitu lurus, seakan-akan sudah diperhitungkan dengan cermat dan diawasi dengan teliti selama proses pembuatannya.

Beberapa peneliti mengusulkan teori alternatif, Jim Woodmann percaya bahwa Nazca Lines tidak mungkin dibuat tanpa pengamatan dari angkasa menggunakan penerbangan berawak untuk melihat bentuk garis dan simbol dengan benar. Berdasarkan studinya tentang teknologi yang tersedia, ia mengatakan bahwa balon udara panas adalah satu-satunya kemungkinan penerbangan yang ada saat itu. Untuk menguji hipotesis ini, Woodmann membuat balon udara dengan menggunakan bahan dan teknik yang ia mengerti akan tersedia untuk orang-orang Nazca pada zaman itu. Namun teorinya ini ditolak oleh kebanyakan ahli karena tidak adanya bukti akan balon tersebut.

Kesimpulan

Nazca Lines dapat disimpulkan dalam bentuk sebagai berikut :

  • Pertama, garis lurus yang panjangnya hingga berkilo-kilometer (aduh, maap istilahnya), kadang bersilangan dari segala arah, terlihat acak dan tidak membentuk sosok apapun
  • Kedua, garis yang membentuk bidang geometri tertentu seperti segitiga, spiral, segiempat, garis gelombang dana lain sebagainya. beberapa garis terlihat seperti membentuk “jalan” seperti yang tampak pada garis “The Airport”
  • Ketiga, garis yang membentuk simbol binatang dan manusia

Apakah geoglyphs ini merupakan dewa-dewa hewan kuno atau pola-pola rasi bintang? Apakah mereka jalan, bintang petunjuk, atau bahkan mungkin peta raksasa? Jika orang-orang yang tinggal di sini 2.000 tahun yang lalu telah mengetahui teknologi sederhana, bagaimana mereka berhasil menggambar tokoh-tokoh tersebut dengan skala yang tepat? Apakah mereka memiliki skema? Jika demikian, siapa yang merancangnya? Semua tampak begitu aneh seakan-akan berasal dari dunia yang lain.

Untuk memahami garis Nasca, yang dibuat melalui penghapusan batu dan kerikil gurun untuk mengungkapkan pasir merah muda pucat atau putih di bawahnya, banyak orang memikirkan penjelasan yang bisa diterima akal – dari landasan pacu untuk pesawat ruang angkasa hingga trek/jalur untuk atlet Olimpiade, dari seni popart hingga Observatorium untuk astronomi.   yang jelas hingga kini diyakini bahwa geoglyphs ini dibangun oleh orang-orang yang disebut Nazca, tetapi mengapa dan bagaimana mereka membuatnya masih menjadi misteri keajaiban dunia yang menantang untuk dipecahkan.

Masih banyak garis dan simbol Nazca yang belum fena tampilkan disini, ada sekitar 300-an garis dan simbol yang sampai sekarang masih menjadi misteri, untuk apa ia dibuat? siapa yang membuatnya? bagaimana ia bisa terbentuk begitu detail dan hanya bisa dilihat (detailnya) dari ketinggian angkasa?

Nazca Lines adalah salah satu peninggalan budaya yang masih menyimpan tanda tanya, banyak teori dikemukakan tapi tidak ada satupun yang bisa menjelaskan “dengan benar” tentang apa sebenarnya yang ada dibalik garis-garis dan simbol di gurun Peru tersebut.

About Kak Abbas

Saya menyukai dunia pendidikan dan teknologi, dan saya juga menyukai anak-anak yang imut manis dan lucu ^_^

Posted on November 28, 2011, in Alam, Mystery and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: